8 Okt 2009

Beranda » » Kasperksy Siap Bantu Polri Atasi Cybercrime
Ditulis oleh Kian pada 15:29 | 8 Okt 2009

Jakarta - Kejahatan di dunia maya (cybercrime) kian merajalela. Salah satu vendor keamanan internet terkemuka, Kaspersky mengaku siap membantu polisi Indonesia untuk melawan cybercrime tersebut.

Hal ini diungkapkan oleh pendiri dan CEO Kaspersky Lab, Eugene Kaspersky yang hari ini bertandang ke Indonesia.

"Jika diminta kami siap melakukannya," ujar Eugene Kaspersky, dalam acara editor's luncheon yg digelar di restoran Seriburasa, Jl Agus Salim, Jakarta, Kamis (8/10/2009).

Dalam kesempatan ini Eugene memaparkan sejumlah kerjasama yang telah dijalin Kaspersky dengan beberapa negara untuk memerangi kejahatan di dunia maya. Di antaranya dengan Brasil, Russia, beberapa negara Eropa, China, serta Amerika Serikat.

Kerjasama itu telah membuahkan hasil. "Kami telah membantu memenjarakan beberapa pelaku kriminal di dunia maya," ungkap Eugene.

Bagaimana peranan Kaspersky dalam membantu polisi meringkus pelaku kejahatan dunia maya? Dituturkan oleh Eugene, dalam membantu polisi, mereka melakukan analisa pada malware, atau pihak kepolisian mengirimkan data-data untuk dianalisa oleh Kaspersky.

Eugene juga menceritakan beberapa kejadian menarik yang dialaminya saat menangani kasus kejahatan maya.

"Di lab saya, pernah ada satu komputer asing. Saya sempat kaget. Ternyata itu komputer sitaan yang sedang dianalisa."

Ada juga pengalaman menarik lainnya terkait dengan upaya Kaspersky membantu memerangi cybercrime. "Pernah waktu itu, ada seorang penjahat cyber ditangkap di Vladivostok, Russia. Tapi si penjahat ngga mau ngaku. PC-nya nyala tapi di-password. Supaya bisa dianalisa PC desktop itu harus dibawa ke Moskow tanpa dimatikan. Padahal perjalanan Vladivostok ke Moskow butuh 1 minggu jalan darat dan 8 jam dengan pesawat."

Tentunya tawaran Eugene ini sangat menarik, mengingat bahwa ia adalah sosok pengusaha IT kawakan dari Rusia yang ahli dalam urusan pengamanan informasi komputer. Ia merupakan pendiri Kaspersky Lab yang merupakan salah satu pengembang keamanan internet terkemuka di dunia.

From : DetikNet.com

0 Komentar:

Posting Komentar

Komentar dengan link aktif akan dihapus otomatis..

Profil Admin

Profil Admin

"I can't make something, but i can do editing". Lihat Profil Lengkap

Kotak Diskusi