Home » » Mengenal Teori Black Swan

Mengenal Teori Black Swan

Written By Dea Maulana Syarif on 7 Jul 2010 | 10:11 AM

Teori black swan sudah lama dikenal. Teori ini berpangkal dari kebiasaan cara berpikir manusia yang sering menggampangkan kemungkinan. Bahkan Filsuf Francis Bacon juga telah memperingatkan bahwa pikiran manusia cenderung membohongi. Asumsi menjadi lebih teratur daripada eksistensi dalam ketidak-beraturan alam. Teori ini dideskripsikan oleh Nassim Nicholas Taleb dalam bukunya The Black Swan tahun 2007. Yaitu black swan sebagai kejadian yang sangat mustahil dengan 3 karakteristik, diantaranya :


- Unpredictable ( yang tak dapat diramalkan )
- Berefek besar
- Mengejutkan

Hal ini merupakan kelanjutan cara berpikir umum yang pesimistis dan selalu menggeneralisasi. Manusia sering lupa pada hal-hal kecil yang berdampak besar. Contoh nyata adalah keberhasilan Google dan tragedi 9/11.


Otak manusia cenderung bersifat naratif. Olehkarenanya manusia sering mengkonversi hal-hal yang seharusnya kompleks dalam penjelasan yang sesederhana mungkin. Manusia selalu takut pada hal-hal yang berada diluar jangkauan pemahaman mereka. Dan parahnya manusia sering kali memprediksi kemungkinan lewat pola-pola yang telah terjadi sebelumnya.


Nassim berpendapat " Kejadian-kejadian besar yang ada di dunia ini umumnya bersifat tak terduga dan manusia akan berusaha menyederhanakannya demi kepuasan emosional belaka.


Sebagai kesimpulan Nassim berteori
" Sejarah tak merayap, melainkan melompat. "
dan hal inilah yang menyebabkan dirinya dimusuhi banyak ilmuan.
Bagikan Artikel Ini :
Berikan komentar, kritik dan saran demi kemajuan blog ini. Tapi tolong diperhatikan.!!
- Dilarang meninggalkan link aktif pada komentar(komentar akan dihapus jika demikian).
Komentar Facebooker
16 Komentar Blogger
Facebook Comments by Deafile Bedah Blog

16 komentar:

  1. Teori "Black Swan", baru denger nich! Enak juga ya buat dibaca.. trims sob..

    BalasHapus
  2. teorinya memang sesuai dengan reaLitas pada pemikiran manusia pada umumnya, terima kasih om atas sharenya.
    kemana aja nih?, bLognya jadi tambah banyak. hehehe...

    BalasHapus
  3. kunjungan seperti biasa om.
    wah, sekarang sudah muLai sibuk nih. semoga berhasiL untuk mendapatkan apa yang dicita-citakan tanpa mengaLami kendaLa berarti. saLam sehat seLaLu.

    BalasHapus
  4. wahh, baru tau nih Sob. . . ^^ biasanya di sekolah cuman teori FISIKA sama KIMIA aja, hehe

    BalasHapus
  5. wah...
    aq kadang kyk gitu tuh wkwkkwkw

    BalasHapus
  6. manteb sob artikelnya, tambah ilmu lagi nih sy stlh baca2 artikel km ini, ty ya sob ;)

    BalasHapus
  7. maLam om, seLamat istirahat dan saLam sehat sehat seLaLu sekeLuarga dan sukses dengan aktifitasnya.

    BalasHapus
  8. kaya na dia mikir terus ya,.

    nice share dah,.



    ...�~_~�...
    bepsml.name
    DONLOTIN.COM

    BalasHapus
  9. wow ! tapi aplikasi teori nya gimana ? praktek di dunia nyatanya gitu ? jangan ngegampangin masalah ? knp google bisa sukses ?
    ah masih bingung T.T

    BalasHapus
  10. Kalau kita bandingkan....
    ama teori nya abah einstein..

    Kira2 yg manakah yg paling berpengaruh dalam kehidupan anda?

    he..he...

    BalasHapus
  11. berkunjung kembaLi untuk mengucapkan haL sama, mungkin seLama ini saya ada saLah, baik secara perkataan maupun priLaku. mohon dibukakan pintu maaf yang seLuas-Luasnya. saLam hangat seLaLu.

    BalasHapus
  12. thnks infonya sob..bermanfaat bagi saya khususnya yang membaca..menanmbah ilmu juga..bila berkenan kita tukeran link sob yah..bila berkenan tukeran link komment dibloggku yah sob..happy blogging yah..sukses selalu

    BalasHapus
  13. wah kira-kira kau termasih orang yg suka menggampangkan ga ya???

    BalasHapus
  14. teori Nassim berarti bertoLak beLakang dengan para iLmuan Lainnya.

    BalasHapus
  15. sy prnh baca bukunya tp nggak selesai. bukunya bener2 nggak bisa dibaca sembarang orang hehehe.bahasanya benar2 tingkat tinggi. tp kl tdk salah tangkap si penulis buku memberikan contoh penerapannya dlm dunia saham.menarik bgt bt dipelajari

    BalasHapus

 
Blog ini didukung oleh :
Google Alexa BloggerPhoto Blog Blogs Web Design Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net
TopBlogIndonesia.comdirektori+blog+indonesiaAHS BannerBLOGGER INDONESIA
Copyright © 2013. Deafile Bedah Blog - All Rights Reserved
DMCA.com Protection Status
Template Blog Asli : Johny Wuss
Edit Template Blog Oleh Deafile Bedah Blog
Untuk Tampilan Terbaik Gunakan Mozilla FireFox