1 Apr 2020

Beranda » » Lebih Baik VLOG atau BLOG ???
Ditulis oleh Dea Maulana pada 16:45 | 1 Apr 2020
     Di tahun 2020 ini banyak sekali Content Creator yang bertebaran di indonesia dengan berbagai aplikasi dan situs yang mereka gunakan. Sebut saja "Atta Halilintar" yang sukses dengan 21,8 juta Subscribersnya di Youtube, kemudian ada "Jess No Limit" yang terkenal di dunia game online Mobile Legend, dan satu lagi ada "Bowo_Alpenliebe" yang viral dengan aplikasi Tik - Toknya yang dia gunakan. Yaa, itulah sebagian Content Creator sukses yang ada di indonesia.

     Mereka bertiga masuk dalam kategori VLOGGER, karena menggunakan video untuk menyajikan konten nya. Sedangkan BLOGGER hanya menggunakan tulisan dan gambar untuk menyajikan konten yang dimiliki di sebuah situs web. Lalu manakah yang lebih baik, VLOG atau BLOG ??? Untuk itu mari kita bahas perbandingannya dari berbagai sudut pandang.



Sumber gambar : www.bangtax.net


1.  MODAL AWAL (Minimal)
     Hal pertama yang dibutuhkan untuk membuat sesuatu pastinya modal awal. Dibawah ini sedikit gambaran tentang perbandingan Modal Awal (Minimal) jika ingin menjadi seorang VLOGGER atau BLOGGER.

1.a. Modal Awal Menjadi Seorang Blogger,
     - Cukup dengan handphone android kisaran harga 1-2 Juta, spesifikasinya sudah bisa dipakai untuk aktifitas blog maupun vlog.
     - Akses internet untuk menyampaikan informasi yang dimiliki, baik berupa tulisan maupun gambar ataupun keduanya. Dan tidak terlalu membutuhkan kuota internet yang terlalu banyak untuk menjadi seorang blogger.
     - Situs/Website untuk menulis artikel/konten (Blogger, Wordpress, Twitter dll).

1.b. Modal Awal Menjadi Seorang Vlogger,
     - Cukup dengan handphone android kisaran harga 1-2 Juta, spesifikasinya sudah bisa dipakai untuk aktifitas blog maupun vlog.
     - Akses internet untuk upload konten video yang sudah dibuat. Video lebih banyak menghabiskan kuota data untuk proses Upload/Download dibandingkan dengan teks dan gambar.
     - Aplikasi/Situs untuk edit & upload konten video (Youtube, Instagram, TikTok, dll).

     Kesimpulannya, baik vlogger ataupun blogger membutuhkan penyedia layanan di internet sebagai media penyampaian informasi. Namun untuk menjadi seorang vlogger diperlukan modal awal yang lebih banyak jika dibandingkan dengan seorang blogger. Karena seorang vlogger lebih banyak membutuhkan Kuota Data Internet untuk proses Upload/Download Video. 

2. KONTEN / ISI INFORMASI YANG DISAMPAIKAN
     Vlog yang populer di Indonesia saat ini mayoritas tema nya tentang Hiburan, Cerita/Tokoh Fiksi, Tutorial (Memasak, Make Up, dan lainnya), Aktifitas Game Online dan lainnya. Sedangkan untuk blog, yang masih banyak diminati netizen yaitu blog dengan tema Download (Musik, Film, Game, dan lainnya), Tutorial (Game, Internet gratis, dan lainnya), Kumpulan kata – kata mutiara/bijak, dan masih banyak lagi. Kualitas dan cara penyampaian konten/isi dari vlog atau blog sangatlah penting, berikut ini perbandingannya.

2.a. Konten Blog
     - Sebuah karya tulis yang nantinya akan menjadi konten di sebuah blog tidak terlalu banyak melalui proses editing. Namun diperlukan keahlian merangkai kata - kata supaya karya tulis tersebut nantinya dapat dinikmati oleh pembacanya. 
     - Tidak banyak blogger yang memiliki tim/kru karena masih bisa untuk membuat sendiri konten tulisannya.
     - Membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membuat pengunjung memahami tulisan yang disampaikan didalam sebuah artikel. 
     - Tulisan yang panjang, terkadang hanya mampu untuk menyampaikan sedikit informasi.
     
2.b. Konten Vlog
     - Untuk konten sebuah vlog biasanya perlu melalui beberapa kali proses editing. Dan tentu saja hal tersebut cukup memakan waktu. Sehingga banyak dari vlogger profesional lebih memilih untuk membentuk atau merekrut sebuah tim untuk proses editing video tersebut.
     - Video dengan durasi singkat mampu menyampaikan banyak informasi didalamnya. Karena sebuah video mengandung banyak unsur informasi yang jika di konversikan menjadi sebuah tulisan, mungkin akan menjadi beberapa paragraf kalimat.
     - Sebuah video mampu membuat pengunjung memahami apa yang disampaikan di dalam sebuah video tersebut dalam waktu yang singkat. Karena otak manusia lebih mudah mengingat dan memahami objek visual dibandingkan dengan objek tekstual.

     Kesimpulannya, Video lebih efektif untuk menyampaikan sebuah informasi jika dilihat dari segi kecepatan penyampaiannya. (Jika video lebih efektif, kenapa blog masih bisa bertahan sampai saat ini ?). Karena sebuah tulisan juga mempunyai kekuatan dalam hal penyampaian informasi, yaitu dari segi konsistensinya.

     Sebagai contoh, antara "Lirik Sebuah Lagu" dengan "Penyanyi" yang membawakan sebuah lagu. Jika ada lagu baru yang enak di dengar yang pertama kali kalian ingat pasti irama lagu tersebut dengan beberapa lirik lagunya, namun kali pertama kamu mendengar pasti kamu belum bisa mengingat keseluruhan lirik lagu tersebut. dan ketika kamu ingin mencari keseluruhan lirik lagu tersebut. Maka tulisan lirik lagu tersebut lah tujuannya. Jadi, memang setiap hal itu ada sisi baik dan sisi kurangannya. Tergantung dari sisi mana kamu coba untuk melihatnya.

1 Komentar:

Komentar dengan link aktif akan dihapus otomatis..

Profil Admin

Profil Admin

"I can't make something, but i can do editing". Lihat Profil Lengkap

Kotak Diskusi