6 Apr 2024

Beranda » , » Aplikasi Scan dan Hitung Stock Opname Menggunakan Ms.Excel
Ditulis oleh Dea Maulana pada 10:26 | 6 Apr 2024
     SO atau Stock Opname secara garis besar yaitu menghitung jumlah fisik barang di gudang, kemudian membandingkannya dengan stok barang di sistem. Jika terjadi selisih diantara fisik dengan sistem tersebut maka dilakukan adjustment atau penyesuaian. Supaya stok barang di sistem dengan stok barang di gudang (fisik) adalah sama. Pada perusahaan-perusahaan besar sudah pasti di dukung dengan alat dan aplikasi yang mumpuni untuk melakukan Stock Opname ini, sehingga proses yang dilakukan efisien dan akurat. Namun untuk aplikasi dan alat tersebut sudah tentu tidaklah murah. Nahh, untuk kalian yang memiliki usaha dalam skala menengah ke bawah bisa dicoba dengan Aplikasi Scan dan Hitung Stock Opname Menggunakan Ms.Excel yang akan saya jelaskan dalam artikel kali ini.
Tampilan Aplikasi Scan dan Hitung SO by deafile.blogspot.com.

1.PERSIAPAN APLIKASI HITUNG SO

     Aplikasi ini dapat membantu anda dalam menghitung dan menjumlahkan stok barang dalam jumlah yang banyak. Hal pertama yang anda butuhkan untuk menggunakan aplikasi ini adalah Master Barang, yang berisi tentang Barcode Barang, Kode Barang, dan Nama Barang. Yang kedua yaitu alat Scanner Barcode, kemudian aplikasi Microsoft Excel yang mendukung kode macro didalamnya. Jika Microsoft Excel yang anda punya sudah mendukung untuk kode macro maka akan muncul menu Developer seperti pada gambar dibawah ini.
     Namun jika menu Developer belum ada, silahkan ikuti tutorial dibawah ini untuk mengaktifkan menu Developer di Microsoft Excel anda.

- Buka Microsoft Excel anda, klik menu File yang ada di pojok kiri atas. Kemudian klik Options.
- Klik menu Costumize Ribbon dan centang kolom Developer kemudian klik OK.
     Menu Developer sudah siap dan anda siap menggunakan Aplikasi ini. Namun sebelum saya jelaskan lebih lanjut, silahkan lihat cuplikan dari penggunaan Aplikasi Scan dan Hitung Stock Opname Menggunakan Ms.Excel berikut ini.


2.PENJELASAN APLIKASI HITUNG SO

     Dari cuplikan video diatas sudah saya berikan contoh bagaimana menggunakan Aplikasinya. Dan disini akan saya berikan sedikit lagi penjelasan mengenai menu yang tersedia di Aplikasi Hitung SO ini.

2.a) Master Barang, pada sheet ini berisi kumpulan barang yang akan anda hitung nantinya. Kegunaan sheet Master Barang ini untuk menampilkan Kode Barang dan Nama Barang jika anda memasukkan Barcode di Aplikasi Hitung SO nantinya. Ada beberapa rumus pada sheet Master Barang ini yang sangat penting agar Aplikasi Hitung SO ini berjalan. Oleh karena itu saya mengunci rumus tersebut supaya tidak bisa anda hapus. Jadi anda tidak perlu khawatir untuk mengedit dan mengganti nilainya, sesuaikan dengan Master Barang yang anda miliki.


2.b) Database, sheet Database ini digunakan sebagai tampungan data dari hasil inputan di Aplikasi Hitung SO. Lengkap dengan nama perangkat yang menginput dan waktu inputnya kapan.


2.b) Pivot Database, sheet ini berfungsi untuk menjumlahkan data yang ada di sheet Database. Klik kanan pada tabel Pivot kemudian klik Refresh, agar data penjumlahan update.


3.DOWNLOAD APLIKASI HITUNG SO

     Saya rasa cukup untuk penjelasannya, jika anda berminat untuk menggunakan Aplikasi Scan dan Hitung Stock Opname Menggunakan Ms.Excel ini. Silahkan klik link download dibawah ini. GRATIS..!!

Download Aplikasi Scan dan Hitung Stock Opname Menggunakan Ms.Excel


      Tak lupa juga saya ucapkan terima kasih kepada

-bukuyudi.blogspot.com dengan judul artikelnya
Download Contoh Form Entri Database Worksheet Excel [VBA]

-Channel Youtube TheDataLabs dengan videonya
Fully Automated Data Entry User Form in Excel - Step By Step Tutorial.

Karena berkat kedua rumus tersebut saya bisa mendapatkan inspirasi untuk menggabungkannya dan saya buat menjadi artikel ini. Sekian dari saya, kurang lebihnya mohon maaf. Apabila ada hal yang ingin ditanyakan atau sekedar memberikan kritik dan saran, silahkan sampaikan melalui kolom komentar dibawah. Terima kasih.

0 Komentar:

Posting Komentar

Komentar dengan link aktif akan dihapus otomatis..

Profil Admin

Profil Admin

"I can't make something, but i can do editing". Lihat Profil Lengkap

Kotak Diskusi